Selasa, 26 Maret 2013

PENGKLASIFIKASIAN CURRENT DAN NON-CURRENT (ASSETS DAN LIABILITIES) DALAM STATEMENT OF FINANCIAL POSITION

Sumber : Intermediate Accounting IFRS edition (Kieso, Weygandt, and Warfield)

Statement of Financial Position atau yang dulu kita kenal dengan sebutan neraca merupakan laporan yang sistematis mengenai dari mana perusahaan mendapat sumber dana (ekuitas dan liabilitas) untuk mendapatkan sumber daya serta bagaimana perusahaan menggunakan sumber daya (asset) untuk kegiatan operasi perusahaan. Dimana asset sama dengan ekuitas ditambah liabilitas. Laporan ini digunakan oleh pihak-pihak yang berkepentingan untuk menganalisis likuiditas, solvabilitas (kemampuan perusahaan membayar hutang pada saat jatuh tempo), serta fleksibilitas perusahaan.
Seperti contoh statement of financial position di atas, laporan tersebut terdiri dari assets, equity dan liabilities, dimana asset dan liabilitas masing-masing diklasifikasikan menjadi current (lancar) dan non-current (tidak lancar).

Current Assets
Dapat diartikan sebagai asset dengan tingkat likuiditas yang tinggi, dalam artian diharapkan dapat segera dikonversi menjadi kas dalam satu periode akuntansi. Pada contoh laporan posisi keuangan di atas, current assets terdiri dari kas, investasi jangka pendek,  beban dibayar di muka, piutang dan persediaan.
Untuk akun investasi jangka pendek dimasukkan ke dalam kelompok current asset karena tujuan kepemilikannya adalah untuk tujuan jangka pendek, dimana sekuritas tersebut sewaktu-waktu (dalam satu periode akuntansi perusahaan) dapat dijual guna memperoleh laba.
Sedangkan beban dibayar di muka (Prepaid expenses) dimasukkan ke dalam kelompok current asset karena merupakan sumber daya yang telah “diikat” untuk suatu periode akuntansi yang pendek.

Non-current Assets
Merupakan seluruh asset yang tidak diklisifikasikan dalam current asset. Asset ini memiliki fungsi perencanaan jangka panjang dan memiliki masa manfaat lebih dari satu periode akuntansi. Termasuk dalam klasifikasi asset ini yaitu investasi jangka panjang; property, plant and equipment; intangible assets serta other assets.
Investasi jangka panjang merupakan investasi yang bertujuan untuk memiliki kendali atas kepemilikan suatu perusahaan ataupun juga untuk memperoleh pendapatan laba ataupun bunga secara rutin.
Intangible assets merupakan hak jangka panjang yang diperoleh perusahaan dan digunakan dalam kegiatan operasi perusahaan. Meliputi goodwill, hak paten, merk dagang, dsb.

Current Liabilities
Merupakan liabilitas jangka pendek yang diharapkan akan dibayar dengan menggunakan sumber daya asset lancar atau dengan menciptakan liabilitas jangka pendek lainnya. Liabilitas ini diharapkan dapat dibayar dalam satu periode akuntansi perusahaan. Termasuk dalam klasifikasi liabilitas ini ialah notes payable, accounts payable, interest payable, salary and wages payable, dsb.

Non-current Liabilities
Merupakan liabilitas jangka panjang yang diperkirakan tidak akan dilikuidasi dalam satu siklus akuntansi, melainkan akan dibayar di luar tanggal waktu tersebut.
Terdiri dari 3 jenis yaitu liabilitas yang berasal dari situasi pembiayaan khusus (penerbitan obligasi, kewajiban leasing jangka panjang, dsb.), liabilitas yang berasal dari operasi normal perusahaan (kewajiban pensiun, kewajiban pajak penghasilan yang ditangguhkan), dan liabilitas bersyarat (kewajiban garansi).

Statement of financial position akan lebih berguna bagi manajemen, kreditur, investor dan pihak-pihak lain yang menggunakan informasi dari laporan keuangan ketika akun-akun yang ada dalam laporan diklasifikasikan secara tepat ke dalam masing-masing kelompok sesuai dengan karakteristiknya. Klasifikasi secara tepat terhadap akun-akun riil akan berguna untuk memberikan gambaran yang sesungguhnya mengenai besarnya jumlah asset lancar, asset tetap, total asset, jumlah liabilitas lancar, liabilitas jangka panjang, total liabilitas yang menjadi kewajiban perusahaan, dan besarnya ekuitas yang dimiliki perusahaan.

5 komentar:

  1. semoga di hari selanjutnya bisa memberi informasi yang lebih banyak lagi tentang akuntansi, akuntansi terlihat mudah tapi juga butuh ketelitian, selamat belajar bagi yang lagi UTS AKM, semoga kita mendapatkan hasil yang terbaik, walau deg degan bisa ngerjain apa tidak, percayalah bahwa Allah akan membantu hambanya yang selalu mengingatnya,,,,,,,,,,,,,

    BalasHapus
  2. Min, mau bertanya. Tolong dibantu yah 🙏
    apa pengaruhnya jika current liabilities lebih besar dari non current liabilities?

    BalasHapus
  3. Min nya tidak mau membantu untuk menjawab..... Payah .... Memberikan pembelajaran..... Setelah itu... Ada yg bertanyaaa.... Ehhhh dikacangin

    BalasHapus

 
silvia d.l. raharjo Blogger Template by Ipietoon Blogger Template